Refreshing Al-Islam & Kemuhammadiyahan(AIK)

Bagi Tenaga Kependidikan UMY

Tahun 2017

Muhammadiyah meyakini bahwa tanggung jawab dakwah untuk menegakkan ajaran Islam yang sebenarnya merupakan kewajiban setiap orang muslim. Muhammadiyah menegaskan kewajiban ini dalam misinya, yaitu menegakkan ajaran islam dalam kehidupan masyarakat. Dengan demikian tanggung jawab dakwah adalah tanggung jawab setiap warga dan anggota Muhammadiyah, terlebih bagi siapa saja yang terlibat dalam kegiatan amal usaha Muhammadiyah.

Hal ini karena Amal Usaha Muhammdiyah adalah salah satu usaha-usaha dan media dakwah Persyarikatan, yakni menegakkan dan menjujung tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat islam yang sebenar-benarnya. Untuk mewujudkan hal ini maka semua bentuk kegiatan amal usaha Muhammadiyah harus mengarah kepada terlaksananya maksud dan tujuan Persyarikatan dan seluruh pimpinan serta pengelola amal usaha berkewajiban untuk melaksanakan misi utama Muhammadiyah itu dengan sebaik-baiknya sebagai misi dakwah.

Salah satu usaha yang dapat dikembangkan oleh Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah adalah dengan melakukan program pembinaan dan pengembangan ketrampilan dakwah bagi pegawainya. Program ini dimaksudkan untuk memberikan kemampuan kepada setiap pegawai UMY berupaya melaksanakan gerakan jamaah dan dakwah jamaah dalam kehidupan keluarga dan masyarakat, sebagai wujud dari melaksanakan dakwah islam ditengah-tengah masyarakat untuk perbaikan hidup, baik lahir maupun batin, sehingga dapat mencapai cita-cita masyarakat Islam yang sebanar-benarnya, Disamping kewajiban untuk peduli dalam penyelesaian masalah yang timbul di masyarakat melalui musyawarah.

Berdasarkan pemikiran tersebut, Badan Pembina Harian(BPH) bersama Pimpinan Universitas, dalam hal Lembaga Pengkajian dan Pengalaman Islam(LPPI) dan Biro Sumber Daya Manusia (BSDM) telah menyelenggarakan kembali kegiatan pembinaan rutin bagi Pegawai Tenaga Kependidikan UMY berupa Refreshing Al-Islam dan Kemuhammadiyahan(AIK) pada¬† 9 Mei 2017 sampai dengan 19 Mei 2017 yang terbagi dalam 6 gelombang. Adapun fokus kegiatan Refreshing AIK tahun ini adalah pada upaya penumbuhan kesadaran dan kemempuan dakwah pegawai UMY, dengan mengambil tema “Peningkatan Kemampuan dan Keterlibatan Dakwah Pegawai UMY dalam kehidupan bermasyarakat dan berorganisasi