Pengembangan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional(PEKERTI) UMY 2017

Berdasarkan undang-undang guru dan dosen No.14 Tahun 2005, dosen adalah pendidik dan ilmuwan professional dengan tugas utama menstranformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.¬† Tagline”Unggul dan Islami, Muda Mendunia”yang melekat pada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Menyadari dan berpijak akan tagline tersebut , maka menjadi tanggung jawab bagi Universitas¬† Muhammadiyah Yogyakarta melalui Biro Sumber Daya Manusia Mempersiapkan SDM(dosen) yang professional.

Dalam rangka untuk mempersiapkan dosen yang mampu mengemban amanah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan tujuan pendidikan nasional. Maka Biro Sumber daya Manusia sebagai kepanjangan tangan dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan Program Pelatihan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) yang telah dilaksanakan pada hari senin-sabtu tanggal 14-19 Maret 2016, di Gedung KH. AR. Fachruddin lantai 5 Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Program ini dilaksanakan oleh Biro Sumber Daya Manusia untuk Peningkatan kompetensi pedagogik bagi dosen agar mampu mengemban amanah dan penuh tanggung jawab dan preofessional.

Berikut beberapa tujuan Pengembangan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) :

  1. Memahami dan menyusun kurikulum berbasis kompetensi.
  2. Merancang program pembelajaran dalam jangka waktu satu semester.
  3. Melaksanakan Proses pembelajaran berdasarkan paradigma baru di PT.
  4. Merancang dan melaksanakan system evaluasi hasil proses pembelajaran.
  5. Merancang, mnyusun dan mengembangkan bahan ajar.
  6. Melaksanakan penelitian untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas bahan ajar.
  7. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam rangka mengimplentasikan ilmu yang dikuasai.
  8. Mengelola dan menulis artikel ilmiah di jurnal terakreditasi.
  9. Mengembangkan potensi diri sebagai dosen prefessional dan bertanggung jawab.

Program Pengembangan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) menargetkan calon dosen baru Universitas Muhammdiyah Yogyakarta atau dosen tetap yang belum mengikuti Prajabatan di UMY. Materi yang diberikan dalam Program Pengembangan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) telah disesuaikan dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi : Arah dan kebijakan Tri Dharma PT. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Standar kompetensi dosen dan standar kualitas pembelajaran di PT, Kurikulum perguruan tinggi, Penyusunan rencana pembelajaran semester, Media dan pembelajaran E-learning, dan standar evaluasi pembelajaran dan assesmen.